Pengertan, Fungsi dan penjelasan heatsink Fan (HSF)

Defaaa 4:38:00 PM

Heatsink Fan

Pengertian Heatsink Fan (HSF)

Heatsing Fan adalah perpaduan antara dua perangkat keras komputer yang bernama Heatsing dan Fan. Yang dimana Heatsink adalah logam dengan design yang khusus terbuat dari alumuniun serta tembaga yang berfungsi untuk memperluas proses pemindahan suhu panas dari sebuah prosesor. Sedangkan Fan adalah sebuah kipas kecil (kipas pendingin) yang menghantarkan suhu dingin dan membuang suhu panas yang disebarkan oleh processor ke heatsing.

Heatsink dan Fan biasanya disebut juga sebagai HSF. Perpaduan antara kedua hardware ini baik Heatsing maupun Fan dapat menciptakan suhu dingin pada processor, yang kemudian berdampak baik untuk kinerja dan kecepatan pada komputer.

Fungsi Heatsink Fan (HSF)
Heatsink FAN (HSF) berfungsi untuk membantu proses pendinginan sebuah processor. Apabila Semakin luas permukaan perpindahan suhu panas sebuah benda maka akan semakin cepat pula proses pendinginan benda tersebut. oleh karena itu heatsink Fan ini sangatlah berguna untuk mempercepat kinerja dari sebuah komputer.

Cara kerja Heatsink Fan.

Heatsing Fan (HSF)

Heatsink Fan mulai bekerja jika pada saat proses penghasilan panas pada processor bekerja, jika processor tidak menghasiklan panas maka heatsink fan pun tidak akan berputar (memulai pendinginan).

untuk lebih jelasnya seperti berikut. Heatsink akan menerima panas dari processor selanjutnya suhu panas tersebut akan menyebar keseluruh bagian heatsink secara merata, kemudian panas yang dihasilkan prosesor tadi haruslah dibuang atau di dinginkan, lalu yang berfungsi untuk membuang suhu panasnya adalah fan (Kipas pendingin) yang akan menyemburkan (mengeluarkan) banyak udara keseluruh bagian heatsink, membuang suhu panan dan mendinginkan seluruh bagian heatsing serta processor.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *